(Ikutan) Another Giveaway: Uji Otak Berhadiah Novel

Masih melek ni ane jam segini, gara-gara kebiasaan begadang dari minggu malam sampai rabu malam ngerjain iseng-iseng (baca: tugas) kuliah yang buanyakkkk!
Abis blogwalking dimari, eh ternyata ada bagi-bagi novel *wink

Judul giveawaynya Uji Otak Berhadiah Novel
Soalnya begini ni:
Berapa


jika


Familiar ya dengan bentuk soal semacam ini? Tepat! Cara mengerjakannya sama seperti ketika mengerjakan soal-soal Deret Aritmatika. Masih ingat kan 'binatang' ini? Pelajaran matematika jaman sekolah dulu.

Untuk bisa menjawab, pertama harus menemukan polanya dulu. Ambil contoh di baris pertama,

5+3+2 = 15 10 22
5*3 = 15
5*2 = 10
(5*(3+2))-3 = 22

Untuk baris kedua,
9+2+4 = 18 36 52
9*2 = 18
9*4 = 36
(9*(2+4))-2 = 52

Begitu juga untuk yang baris ketiga (itung sendiri ya, cape juga ketiknya).

Kalau sudah menemukan pola, lebih mudahnya kita bikin rumus. Untuk soal yang baris pertama
5+3+2 = 151022
sama dengan
a+b+c = (rumus)

Melihat pola diatas, jadi rumusnya adalah

Ahaha, gimana? Sudah pusing belum? Kalau bikin rumus malah jadi pusing, diskip saja boleh, asal kita udah tahu polanya.

Lanjut ya...

Jadi berapakah 7+7+7...?


Ffiuhh.. selesai juga ketak-ketik jawaban giveaway.
Mbak Fanny, aku mau Confessions of a Shopaholic karya Sophie Kinsella ya mbak *BerasaMenang

Sekiaaann.
Matematika kadang-kadang menyenangkan juga ya, apalagi setelah berminggu-minggu berhadapan dengan resume-resume dan akuntansi akrual dan akuntansi manajemen dan audit dan lain-lain *curcol.

Semoga bermanfaat
Semoga beruntung (pemenangnya diundi soalnya)
Semoga dapat buku gratis
Amin ya Robb...

*Cheers :)


6 Response to "(Ikutan) Another Giveaway: Uji Otak Berhadiah Novel"

  1. Unknown says:

    ok. makasih ya udah turut serta. saya catat dulu.

    Bundit says:

    Semoga beruntung mam. Saya juga ikutan. Tapi kalau undi-mengundi gitu saya jarang beruntung :D

    @Mbak Fanny: Sama-sama mbak, doakan saya menang. *Lho :D

    @Bundit: Iya bun, aku juga kurang hoki kalo undi-mengundi. Hehe :D

    Si Abi says:

    berasa sedang ngomongin soal-soal ujian masuk STAN :D

    @Om Fred Sang Abi: Hehe. begitulah. Semacam rememori :D

    Wah ternyata begitu yah caranya... Baru tahu aku.

    Oh iya, bagaimana mendapatkan cara / pendekatan solusi terhadap soal2 tersebut?

Powered by Blogger