tabayyun..

Hari ini membuka sebuah forum diskusi. Tetap bersikukuh untuk tidak ikut masuk didalamnya. Saya buka forum bertajuk –IPTEK–. Terlihat sebuah topik yang menarik perhatian saya.

Topik: Amerika pernah gak sih ke Bulan?
(Wedew.. ketahuan deh forum apa yang saya maksud ^^)

Ramai. Diskusi sudah berjalan hingga 16 halaman! Saya lihat tanggal dimulainya topik ini, 21 Januari 2008. Saya klik juga halaman ke-16 nya, 30 mei 2008, sodara-sodara! Panjaaaa…ng dan Laaaaa..ma..

Mencermati .
Ada yang pro, ada yang kontra. Yang kontra bilang, kalau Amerika sudah pernah mendaratkan astronotnya ke bulan pada tahun 60-an harusnya hingga tahun 2008 sekarang ini Amerika sudah bisa melakukannya berkali-kali atau minimal dibuatlah stasiun penelitian di bulan sono. Yang pro bilang, buat apa berkali-kali ke bulan, ga ekonomis, butuh biaya banyak (fyi, konon Amerika menghabiskan hingga $100 juta untuk proyek ke bulan itu), lagipula tujuan Amerika mendarat ke bulan saat itu kan untuk mengalahkan dominasi Soviet di luar angkasa, tujuan sudah tercapai kala itu, buat apa lagi?
Keren lah diskusi ini, bahasa-bahasa ilmiah berhamburan di sana-sini. Walau ga semuanya saya ngerti. Om Futakuokanaba lah jagoannya. Lebih lengkapnya masuk saja ke http://10.254.4.4/ ^^

Bukan. Saya bukan mau membahas ataupun menyimpulkan kebenaran tentang pendaratan Amerika ini. (Omong-omong tentang ini, saya juga punya buku berjudul Manusia Tidak Pernah Mendarat di Bulan terbitan Grasindo, saya beli tiga tahun lalu di Sekretariat HIMAS STAN, dulu juga pernah dibedah di G103, tapi siapa si pembedahnya saya kurang tahu –keabisan tiket pas mau ikutan acara bedah buku ini–. Ups! OOT-nya panjang bener..)

Sebuah hal menarik yang saya temukan dari diskusi panjang itu (plus satu topik diskusi bertajuk HOAX) adalah sebuah kesadaran akan kedunguan saya selama ini. Dan sebuah pengakuan akan kebenaran surat cinta-NYA. (Catet: NYA! bukan nya!)

Kedunguan yang saya atau mungkin pernah anda-anda lakukan: terjebak berita-berita yang beredar di Internet! Ingat sms merah? Ingat celebrity taxi? Ingat wahana tornado di dufan yang (katanya) memakan korban? Kota manokwari akan dijadikan kota injil? Betapa mudah ya membuat hidup orang lain menjadi tak tenang. Hanya dengan membuat sebuah berita-bohong-yang-dikemas-agar-terlihat-ilmiah dan menyebarkannya melalui email, buletin FS ataupun sms. Jangan-jangan saya, anda, kita secara sengaja-tak-sengaja (entah memang ga tau atau pura-pura ga tahu) ‘berperan aktif’ menyukseskan penyebaran HOAX itu? Teringatlah saya pada sebuah baris surat cinta-NYA yang saya dapatkan di sebuah forum cinta: Al Hujurat 6!

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti (tabayyun), agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”

Ternyata kuncinya adalah : tabayyun! Konfirmasi kawan.. Jangan asal percaya kabar-kabar yang datang pada kita. Cek terlebih dulu. Apalagi untuk berita-berita rawan yang menyangkut orang lain.

Kalau kata om futakuokanaba “Cari aja sumber validnya dulu, agar bisa mempercayai atau tidak mempercayai sesuatu”.

Jadi, kalau anda menerima forward-an email entah itu emailDJP (hehe), email di yahoo! ataupun message di friendster. Baca baik-baik, teliti apakah isinya masuk akal, setelah anda yakin, baru teruskan pada kawan anda. Agar tak membuat hidup kawan anda menjadi tak tenang. Hehe.

Sekian! ^^


*Buat Futakuokanaba, afwan mengutip tanpa permisi.


2 Response to "tabayyun.."

  1. wow..jeung..
    pasti sedang abnormal ya..hehehehe
    alhamdulillah..akhirnya sepeninggal diriku yang keren ini, bisa juga kau berpikir jernih kembali..

    Justru karena kepergianmu lah aq jadi bisa berpikir jernih
    jadi terlihat kan apa penyebab keanehanku selama ini?
    Hehe_
    sampai jumpa di pantai!
    InsyaAllah ^.^

Powered by Blogger